Cara Mudah dan Cepat Menjangkau Volendam

Umum diketahui bahwa kota Volendam di Belanda kerap dijadikan tempat yang wajib dimasukkan dalam agenda kunjungan. Berada di Kota Edam – Volendam berada di wilayah paling Utara sekitar 20 KM dari Amsterdam.

Dengan kemudahan transportasi publik di negara Belanda, tanpa bantuan penyelenggara tour pun kota ini dapat ditempuh dengan mudah secara mandiri jika kita berangkat dari pusat stasiun Central/Centrum Amsterdam. Ambil arah paling belakang dari stasiun di lantai atas stasiun, maka di sana tersedia layanan bus-bus menuju arah luar kota Amsterdam. Untuk menuju Volendam, bus yang sebaiknya diambil adalah bus bernomor 316. Tiket bus bisa di peroleh langsung dari supir bus seharga sekitar 10 Euro per orang  – PP.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Selama kurang lebih 30 menit, nikmati dengan santai perjalanan ke arah Volendam karena bus akan stop di banyak pemberhentian dan ketika akan tiba di tujuan, perhatikan bahwa nama daerah dimana kita harus stop yaitu di pemberhentian bus Julianaweg. Untuk kembali ke Centrum setelah selesai di Volendam, jangan lupa menuju pemberhentian yang sama namun ambil yang berseberangan jalan.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Saat itu, saya dan suami ketika turun di Julianaweg, berjalan di komplek rumah-rumah unik dengan mengikuti jalan menuju arah pelabuhan. Tidak banyak orang berlalu lalang namun kebetulan kami mendengar suara dan hawa laut yang terus menggiring langkah kami.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Lalu tak lama mulai terlihat pelabuhan dan laut dengan kapal-kapal kecil yang berjajar rapi di dermaga. Sampai juga akhirnya di kota yang konon sejak dahulu  banyak dikunjungi seniman dunia dikarenakan keindahan dan keunikannya.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Banyaknya cafe, resto dan aneka toko souvenir dengan arsitektur cantik yang berdiri disepanjang jalan kota pinggir laut  menambah semarak kota yang terkenal pula dengan ikan Herringnya yang lezat. Hari tak terasa telah beranjak siang. Jadi, kami pun tak melewatkan waktu makan siang. Segera mencari restauran dan memesan porsi besar Fish & Chips, walau terasa hampa karena tanpa nasi (maklum lidah orang Melayu, selalu mencari nasi..haha).

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Usai makan, kami mencari tempat berfoto kostum Dutch Lady untuk kenang-kenangan berdua. Tidak sulit karena tempat foto sejenis banyak ditemukan di sepanjang jalan dan kami tak buang waktu untuk foto di toko pertama yang kami temukan. Dengan biaya 15 Euro per shoot, tak sampai 10 menit kami selesai berganti kostum Belanda. Mengikuti arahan photograper yang merangkap kasir dan pelayan, ganti baju lagi lalu menunggu hasil foto sambil berbelanja souvenir untuk oleh-oleh. Souvenir disini, ternyata jauh lebih murah daripada berbelanja di Amsterdam.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Mengunjungi Belanda di saat musim dingin di bulan November pertengahan tentu saja mengandung resiko kedinginan. Di Volendam yang notabene merupakan kota pelabuhan dengan hembusan angin lautnya yang kencang dan dingin, kami si orang asia ini harus mengenakan berlapis lapis pakaian dan tetap merasa kedinginan sampai ke tulang rusuk. Norak ya.. hehe. Alhasil, lihatlah foto – foto kami yang seolah mengenakan seisi koper yang kami bawa. Dan masih merasa kedinginan karena suhu berkisar antara 1 s/d 3 derajat Celsius ditambah hembusan angin yang kencang. Next, mungkin harus pergi di musim summer ya… dengan resiko biaya perjalanan yang biasanya lebih mahal.

 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Advertisements
Categories: Updates | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: