Surga Tersembunyi di Kepulauan Derawan

Derawan dalam beberapa tahun ini menjadi tempat yang sedang diperbincangkan karena ramai kunjungan. Saya pun terpaksa melanggar janji dan prinsif saya sebelumnya ; once i visit a place, i will never come back.

Saudara-saudara sekalian, bagi saya Derawan adalah pengecualian. Kepulauan ini menjanjikan banyak keindahan dan kesenangan yang sangat jarang ditemukan di tempat lain bahkan di gugusan bintang sekalipun (yg ini agak lebbay 😀)

derawan sunrise

Kealamian dan keunikan tempat ini tak heran membuat Kepulauan Derawan yang terdiri dari beberapa Pulau ; Pulau Derawan, Sangalaki, Maratua dan Kakaban, menjadi destinasi paling diburu pada waktu belakangan. Keindahannya yang masih alamiah, sohor di telinga wisatawan domestik bahkan mancanegara  dan membuat kepulauan ini sukses pula menjadi pulau yang banyak diperbincangkan.

Hal ini dimungkinkan karena wilayah ini masih asri dan memiliki daya tarik tersendiri karena letaknya terpelosok nun jauh di daerah Kalimantan Timur. Untuk menempuhnya, dari ibukota Jakarta dan kota-kota besar lain, kita terlebih dahulu memerlukan penerbangan ke kota Balikpapan atau Tarakan – Kalimantan Timur.

Destinasi yang paling mudah adalah dari Kota Balikpapan, kita lanjutkan penerbangan via pesawat lagi menuju Berau selama kurang lebih 1 jam penerbangan. Nah, setiba dari Berau kita lanjut perjalanan darat selama sekitar 2,5 jam dan menyeberang kapal / boat dalam waktu 30 menit untuk kemudian tiba di Pulau Derawan untuk menginap.

Menjelang senja dan sebelum terbit matahari, view di pulau Derawan adalah moment yang jangan terlewatkan karena semburat matahari tampat terlihat indah dan sangat mempesona. Tiada duanya🙂

derawan5

 

Dan biasanya, tur 3 pulau di gugusan kepulauan Derawan akan dilanjutkan pada keesokan harinya karena ketiga pulau tersebut terletak saling berjauhan dan akan menghabiskan waktu kurang lebih seharian.

Ketiga pulau yang dimaksud, masing-masing memiliki kelebihan tersendiri ;

  • Maratua :

Berupa resort a la Maldives dengan view sangat menakjubkan. Disini kita bisa berenang dan berfoto dengan latar belakang keindahan pantai Maratua. Pantai dan lautnya sangat bening dan berwarna biru gradasi. Cocok untuk foto pre wed dan dokumentasi pribadi yang dapat di unggah dengan bangga ke media sosial.

  • Kakaban :

lazimnya, pulau ini merupakan persinggahan kedua sepulang dari Maratua, dan kita bisa rehat sejenak menikmati keindahan dermaga Kakaban untuk makan siang. Selepas makan siang, melanjutkan perjalanan menanjak tangga-tangga menuju Danau kakaban yang sohor dengan penghuninya berupa Ubur-ubur tidak menyengat yang jinak dan lucu. Bahkan kita dapat berenang berfoto santai bersama dengan Ubur-ubur tersebut. Yang patut diingat, sebelum menceburkan diri untuk berenang bersama hewan berkulit lunak itu, bersihkan diri atau jangan gunakan lotion, parfum dan bahan kimia lain dari tubuh kita.

ubur21

Puas dari Danau, jangan lupa untuk kembali ke boat dan mintalah untuk dapat snorkeling di palung laut Kakaban. Disini, namanya keindahan akan rancu digambarkan karena diatas kata sangat indah mungkin ada kata lain yang lebih layak. habitat Ikan-ikan hias dan liar yang warna warni beraneka bentuk dapat kita saksikan nyata di depan mata dengan perlengkapan Snorkeling sederhana yang biasanya sudah disiapkan oleh motoris kapal yang kita charter.

Jika tidak ingat waktu, mungkin akan dihabiskan waktu seharian penuh untuk menikmati kuasaNya yang menakjubkan.

  • Sangalaki : jika beruntung kita akan menyaksikan seliweran ikan Pari Manta yang sangat besar berwarna hitam keabuan. Keberadaan ikan raksasa ini sulit di prediksi karena hanya moment-moment tertentu dapat muncul ke permukaan. Beruntung sekali, di beberapa kali kunjungan ke Derawan, rombongan kami bisa menemukan habitat Pari tersebut. Tak kalah menarik, di pulau Sangalaki kita bisa menyentuh Tukik – Anak Penyu / Kura-kura Hijau yang baru menetas. derawan24

 

tukik2

 

Foto-foto :

Banana boat

 

derawan 1

sangalaki2

 

Categories: Updates | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: