Berburu Pari Manta di Sangalaki, Kepulauan Derawan

derawan5

Hari masih pagi ketika pesawat berbaling baling yang membawa kami tiba di Berau. langsung bergegas foto dan melanjutkan perjalanan selama 2,5 jam ke dermaga Tanjung Batu untuk menyeberang selama 30 menit ke pulau Derawan, Dalam perjalanan, kami sempat singgah sebentar untuk makan siang.

Di Pulau, setelah check in dan berganti baju kami segera hunting di pulau berluas  44,6 tersebut. Ada penyewaan sepeda, aneka toko souvenir dan kerajinan khas, rumah makan, bahkan Bank Pembantu kecil dan penjual batu akik ! hehe ..

Tak ada pekak suara mesin kendaraan karena sama halnya seperti di Gili Trawangan, Lombok, tak ada kendaraan bermotor yang berlalu lalang. Kesegaran udara tetap terjaga dari polusi dan hmm.. sangat asri dan sejuk. Apalagi di pagi hari dimana kami menyempatkan diri bersepeda mengelilingi pulau di hari kedua kedatangan sebelum berangkat trip full day ke 3 pulau, Maratua, Kakaban dan Sangalaki.

derawan27

derawan30

MARATUA

Ke Maratua untuk tujuan pertama, kami menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam dikarenakan gelombang yang sedang tinggi sehingga agak memperlambat laju kapal mesin berpenumpang 20 yang kami tumpangi. Normalnya, perjalanan ke Maratua biasanya hanya ditempuh sekitar 1 jam saja. Gelombang bulan Agustus yang memang sedang ganas-ganasnya.

Perasaan cemas dan deg-degan awalnya dirasakan pada sebagian besar peserta. Kapal bergoyang kesana kemari ditambah semburan ombak yang menerpa masuk ke kapal dan membuat tempias basah pada baju penumbang yang duduk paling ujung muara kapal. Namun perlahan-lahan perasaan tegang pun mencair karena disertai candaan rekan-rekan yang berceloteh jenaka hingga akhirnya kapal sandar di dermaga di Maratua. Woww.. cantik sekali pemandangan di Maratua resort. Beberapa peserta yang merasakan mabuk laut segera sirna rasa pusing dan mual karena menyaksikan pemandangan eksotik Maldives a la Indonesia !

derawan28

derawan13

derawan14

derawan3

KAKABAN

Disini kami menikmati waktu makan siang setelah sebelumnya berhasil menelusuri Gua Ikan di Kakaban. Berfoto dengan pemandangan pantai pesisir yang luas dan berwarna hijau segar.  Lalu melanjutkan perjalanan ke sisi sebelah Kakaban menuju danau Kakaban yang berisi Ubur-ubur tak menyengat yang hidup di dalam danau tersebut.

Perjalanan mendaki untuk menuju danau tak terasa melelahkan karena dalam perjalanan menapak tangga tangga yang licin, sepanjang jalan disungguhi pemandangan asri dan sejuk. Ditambah pemandangan arah bawah danau yang fantastis, langkah terasa sangat ingin segera tiba di bawah danau dan melarutkan tubuh dalam segarnya air danau yang bening. Dan walaupun danau tersebut menjadi tidak sebening 2 tahun lalu ketika kunjungan saya pertama kali kesini, tetap saja magnet Kakaban telah menarik minat banyak pengunjung di hari itu.

derawan29

Setelah puas di danau berpenghuni Jelly lembut kenyal itu, kembali  kami naik ke kapal untuk menuju sedikit ke arah laut Kakaban. Tempat ini berupa spot dengan palung laut berisi ribuan habitat ikan indah warna warni. Disini lah puncak kebahagian bagi pecinta Snorkeling di belahan bumi manapun. Surga bawah laut yang sangat indah di persembahkan seluas mata memandang dalam bawah air. Beragam hayati laut indah nan eksotik seolah dihadirkan lengkap kesemuanya disini.  Sungguh kuasa Allah yang Maha Besar dan Agung. Tak hentinya peserta yang ikut terjun snorkeling berdecak kagum tak henti-henti dan tak menyangsikan keindahan yang terhampar nyata dihadapan mereka. Alangkah kecil rasanya kita di hadapanNya, di bawah lebar samudra luas dan hamparan kekayaan alam bawah laut yang maha karya.

derawan11

derawan12

derawan22

derawan23

derawan20

derawan19

SANGALAKI

Menurut pemandu wisata yang menemani kami di perjalanan, sungguh beruntung jika kami seandainya bisa melihat populasi ikan pari Manta di perairan Sangalaki karena tak jarang banyak pengunjung yang kesana namun tak menjumpai habitat ikan terbang tersebut.

Baru saja pemandu selesai berkata demikian, salah seorang peserta menunjuk ke arah dimana beberapa ikan Pari berseliweran seperti sirip hiu. Warnanya hitam dan besar. Wah, kami beruntung sekali ternyata. langsung saja sebagian peserta berebutan terjun lagi ke laut dengan pelampung dan perlengkapan snorkeling mereka, berusaha mengejar ikan Pari Manta fenomenal. Pemandu berteriak-teriak mengingatkan peserta untuk tidak terlalu dekat karena konon kebatan sayap mereka cukup keras sehingga membahayakan. Arus gelombang sangat deras dan kencang sehingga mereka tak menghabiskan waktu berlama-lama berenang mengejar dan mengabadikan ikan pari yang berukuran raksasa itu. Apalagi, sekitar dia hari yang lalu dikabarkan 4 orang turis asal Italia dikabarkan hilang di perairan Sangalaki ketika sedang Diving.

Takuutt … ayo pulaang. Jerit salah satu peserta.

Dan akhirnya kapal segera beralih ke pulau Sangalaki untuk menyaksikan Tukik atau anak Penyu yang siap di larung menuju laut lepas sebagai akhir dari perjalanan seharian penuh di hari itu.

derawan8

derawan24

derawan21

derawan6

derawan9

Di Pulau Derawan di tempat dimana kami menginap, banyak kegiatan air yang bisa kita ikuti sebagai tambahan wisata. Diving dan Snorkeling di laut dangkal, Banana Boat, atau bahkan hanya bermain – main sambil menikmati sejuknya hembusan hawa pantai.

Setelah puas beraktivitas, lumayan banyak opsi tempat makan yang bisa dipilih. Selain di penginapan, di kampung penduduk pulau yang terletak tak jauh dari penginapan kami, juga banyak tersedia warung makan berisi makanan-makanan khas laut yang menggugah selera.

Letak penginapan kebanyakan berada di atas air dan sebagian berada di dekat perkampungan pulau. Santer sebagai pulau eksotis, Derawan kini semakin ramai dikunjungi wisatawan seluruh Indonesia dan bahkan penjuru dunia.

derawan15 derawan16 derawan17

Categories: Updates | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: