Wisata Batu Dinding di KM45 Samboja – Great Wall Alami Kalimantan

Mungkin kita sudah terbiasa mendengar objek wisata Great Wall di China dimana terdapat tembok raksasa buatan manuasia sepanjang ribuan kilometer  yang di buat pada abad ke 9 SM.  Mendengar sejarahnya, pastilah ada terbersit keinginan kita untuk mengunjunginya di suatu waktu nanti. Namun jika belum berkesempatan kesana tidak usah khawatir karena  bagi Anda yang berdomisili di Kalimantan, ada suatu kawasan yang serupa tembok di China bahkan lebih unik karena bebatuannya yang menyerupai tembok terbentuk secara alamiah.

batu dinding8

batu dinding great wall

Batu Dinding dari Kejauhan … Tembok yang terbentuk secara alamiah

batu dinding puncak

Sayang ya, ada tangan – tangan tak bertanggung jawab yang mengotori bebatuan di puncak Batu Dinding

Objek wisata ini berupa alur batu dengan jurang di kiri kanannya yang hanya selebar sekitar 1 meter saja dengan panjang berliku 500 an meter.

Kawasan Batu Dinding, nama objek wisata tersebut terletak di daerah Samboja, Kutai Kertanegara – Kalimantan Timur. Posisinya terletak di Kilometer 45 (KM 45) pada poros Balikpapan menuju ke Samarinda, Ibukota Kalimantan Timur. Lebih tepatnya, sebut saja bahwa lokasi ini berada 5 KM sebelum Rumah Makan Tahu Sumedang di poros KM 50.

Berhati-hati lah di tapal KM 45 setelah jembatan dimana pada gapura masuk tertulis arah Batu Dinding yang ditulis dengan huruf yang tidak terlalu besar.

batu dinding12

Penduduk Desa menyusuri jalan bebatuan

batu dinding kebun naga

Kebun Buah Naga

batu dinding7

batu dinding setapak

Jalan setapak yang terus menanjak

batu dinding18

Pohon Lada / merica

batu dinding 5

Sepanjang perjalanan menuju Batu Dinding, kita akan melewati daerah yang masih astri dengan aneka pepohonan hutan dan semak belukar. Banyak pula kebun Buah Naga yang mendominasi tanaman perkebunan di daerah tersebut selain Lada dan Buah Jeruk dengan satu dua rumah penduduk yang mengelola perkebunan yang berada di bebukitan.

Terletak sekitar 10 kilometer dari pintu masuk di tapal 45, dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat dan kendaraan Roda dua. Bedanya, untuk kendaraan roda empat penumpang, kita harus meletakkan kendaraan di sekitar 2 Km menuju puncak tembok batu.

batu dinding10

Ternyata mobil besar tidak bisa masuk, sehingga harus stop disini😦

batu dinding6

Terlihat seperti batu red Borneo bukan ?😛

batu dinding14

Wajib menuliskan daftar penmgunjung  di Post 1

Untuk mencapainya lebih cepat dan tidak terlalu lelah berjalan menanjak, gunakan saja kendaraan roda dua dan parkir di sebelum 1 Km dibawah lokasi. Bahkan, belakangan sudah banyak penduduk setempat yang tadinya hanya mengelola kebun lalu menjadi Ojek Motor dadakan yang stand by untuk mengangkut pengunjung dari lokasi dimana mobil parkir karena tidak bisa memasuki kawasan.

Berjalanlah perlahan dan atur napas dengan teratur karena jalan yang dilalui berupa jalan tanah yang menanjak dan terkadang licin dan curam.

batu dinding outing

batu dinding jalur

batu dinding3

Hati-hati, salah langkah maka jurang menganga di kiri kanan jalan

Batu Dinding Nampak lebih indah dinikmati saat matahari terbit atau tenggelam. Di saat – saat itu, kawasan akan ramai oleh pengunjung yang menanti matahari di dua momen tersebut. Namun mulai memasuki kawasan pada pukul 7 pagi, kita akan lebih leluasa untuk menikmati indahnya panorama dari atas Batu Dinding tanpa terlalu banyak pengunjung yang berdesakan.

Nah, bisa menjadi tempat yang pas untuk mengisi waktu libur ataupun untuk kegiatan outing dan gathering kantor bukan ? Mencapainya memang penuh tantangan dan peluh namun sepadan dengan apa yang kita dapatkan di puncak perjalanan.

batu dinding1

Rehat di tengah perjalanan menuju puncak Batu Dinding

batu dinding19

batu dinding15

Makan Siang di KM 50 – Tahu Sumedang. Muka lelah setelah pendakian😀

Categories: Updates | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: