Sedlec Ossuary, Ceko – Kapel Ribuan Kerangka Manusia

Menantang. Itulah yang terlintas ketika kami berencana mengunjungi tempat yang dinobatkan sebagai salah satu dari 10 tempat paling seram di dunia ini. Membayangkan ribuan tengkorak berada di satu tempat pastilah ada kesan menegangkan. Betapa tidak, di area ini terdapat 40.000 lebih tengkorak atau kerangka manusia yang disusun dalam sebuah kapel dan didirikan sejak tahun 1870.

Ossuary1

ossuary2

Sedlec Ossuary adalah kapel berukuran kecil yang berlokasi di kota Sedlec, pinggiran Kutná Hora, Republik Ceko. Dapat ditempuh sekitar 70 KM atau sekitar satu jam setengah dari kota Praque.

Seram ? Pasti ! Di pintu masuknya saja, kesan itu segera tergambar nyata. Mulai memasuki kawasan tersebut, kita akan disambut tanaman merambat yang menutupi tembok pintu masuk, pohon-pohon kering dan suram juga senyapnya suasana di sekitar pemakaman. Apalagi saat saya berkunjung adalah saat dimana musim dingin baru saja berlalu sehingga hawa dingin dan hembusan angin yang bertiup kencang terasa menusuk sampai ke tulang, menambah komplit suasana dramatis yang tercipta.

Untung saya bukan tipe penakut. Rasa penasaran yang dalam akhirnya terasa lebih dominan dan membuat saya bersemangat mengambil foto dari beberapa sudut makam yang memang harus dilewati sebelum sampai di pintu masuk Sedlec Ossuary.

ossuary6

ossuary5

ossuary7

Pintu Masuk Kapel

Di tempat yang tercatat sebagai salah satu situs dari UNESCO World Heritage ini, pertanyaan mengapa ada sebegitu banyak kerangka bisa berada disana menjadi pertanyaan yang dominan. Intinya, Sedlec Ossuary dulunya menjadi tempat yang dianggap suci sehingga banyak sekali penduduk sekitar yang ingin dimakamkan di tempat yang terletak di daerah tinggi ini. Disamping itu, di abad ke 14 pernah terjadi wabah penyakit yang merengut ribuan nyawa meninggal sehingga semakin banyaklah orang yang dikebumikan dan tempat yang ada tidak memungkinkan untuk menampung semuanya. Kerangka-kerangka lama dikumpulkan dan semakin lama juga semakin menumpuk. Oleh karenanya untuk mengatasi masalah, seorang pemahat bernama František Etak, diminta untuk mengatur ribuan tulang tersebut secara artistik. Kerangka-kerangka tersebut disusun sedemikian rupa diantara bangunan-bangunan yang ada di kapel dan menghasilkan bentuk yang unik dan akhirnya masalah bisa terselesaikan.

Konon, arwah-arwah yang dulunya banyak penasaran menjadi tenang setelah dirapikan dan diatur ulang karena mereka ditempatkan di sebuah tempat yang juga didoakan oleh banyak orang.

ossuary10

ossuary11

ossuary9

Hmmm, benar-benar tempat yang pas untuk menguji nyalimu disini. Dimana-mana tertata kerangka-kerangka yang ditata beraturan dengan ukuran yang disesuaikan dengan peruntukannya. Tersusun mulai dari tangga pintu masuk hingga semua sudut kapel dan juga dirangkai diatas langit-langitnya.  Sepertinya, tepat sekali kalau tempat ini dinobatkan menjadi salah satu dari 10 tempat paling angker di dunia.

Saya mengitari kapel dengan waktu yang tidak terlalu lama karena tempat itu tidak terlalu luas juga karena suhu yang sangat dingin dan hujan rintik yang mulai turun. Disamping itu, saya khawatir jika siapa tau seseorang menepuk pundak saya dari belakang …🙂

Categories: Updates | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: