Madrid – Barcelona, Lawatan Dua Rival Bebuyutan

Journey El Clasico …

Kali ini, perjalanan saya ke Spanyol memberi kesan yang agak berbeda disebabkan oleh adanya kesempatan untuk menyambangi duo klub bola terkenal di Spanyol, bahkan di dunia.  Kehadirannya selalu saja dinantikan dengan antusias oleh para Gibol – penggila bola. Laga El clasico akan selalu diingat sebagai ajang pertandingan bola paling fenomenal dan menyedot perhatian luar biasa.

Kedua stadion menjadi basis mereka berada di Santiago Bernabeu, Madrid dan Camp Nou, Barcelona yang saya kunjungi itu pun konon merupakan situs paling penting bagi kedua kubu musuh bebuyutan yang mencatat Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sebagai pemain utama mereka dan banyak digandrungi kaum hawa mancanegara. Siapa ya yang tak kenal mereka?

in front of camp nouront of Camp Nou
Dalam perjalanan, Pak Budi Wiharmoko salah satu kawan yang menemani lawatan di Spanyol sempat bercerita mengenai  sejarah panjang di balik perseteruan dan sengitnya tiap pertandingan El Clasico yang digelar. Konon, jika kedua klub ini berlaga, maka seolah mereka sedang melakukan pertarungan perang. Segala persiapkan yang dikerahkan secara maksimal oleh masing-masing kubu bukan hanya sekedar persiapan pertandingan biasa namun seolah seperti persiapan angkat senjata antarwilayah demi memperjuangkan harga diri masing-masing bangsa/suku yang dalam hal ini diwakili oleh kedua klub sohor ini.

Nah usut-usut, ternyata berseteruan berawal dari sejarah bahwa dahulu, hampir keseluruhan wilayah Spanyol/Castila (kecuali daerah Catalan – Barcelona) pernah dikuasai oleh kaum muslimin Moor (sebutan untuk bangsa Arab). Namun setelah wilayah yang dikuasai kaum Moor tersebut direbut kembali oleh kerajaan Kristen, kaum Castila dan Catalan lalu membentuk kerajaan Spanyol Modern. Catalan yang tidak pernah dikuasai oleh suku Moor dianggap sebagai etnis berbeda.

Castila dalam hal ini adalah bangsa selain Catalan (Barcelona) berada dalam kubu Real Madrid menjadi klub kesayangan Kerajaan Spanyol secara keseluruhan. Klub Barcelona yang mewakili Catalonia, dianggap pemberontak lantaran pernah ingin memisahkan diri.

Persaingan ini memicu kebencian hebat di antara dua kubu sampai hingga di era kini. Rivalitas inilah yang membawa mereka bertarung mati-matian untuk dapat menjadi pemenang di tiap pertandingan demi nama baik wilayah mereka (Castila dan Catalan).

inside camp nou

Wah, sepertinya ada hikmah di balik persaingan luar biasa ini ya. Kedua klub akan berjuang sungguh-sungguh dan maksimal untuk menjadi yang terbaik sehingga menghasilkan pertandingan yang benar-benar seru dan mendebarkan. Yang diuntungkan tentu saja para Gibol yang memperoleh tontonan seru dan menegangkan di tiap event pertemuan mereka. Saya pun, akhirnya tertarik untuk menyimak lebih dekat kisah di balik duel El Clasico dan berkesempatan secara langsung mengunjungi kedua stadion dari kedua yang pertandingannya akan selalu penuh daya tarik luar biasa dari penonton seluruh dunia.

Santiago Bernabeu dan Camp Nou, terletak di Madrid dan Barcelona. Jangan dipikir bahwa kedua stadion ini berada dalam kawasan yang berdekatan sebagaimana yang sebelumnya saya pikirkan karena di peta terlihat dekat kan, hehe.  Madrid dan Barcelona berada pada jarak sekitar 621 Km, dengan waktu tempuh sekitar 6 jam lebih dalam kecepatan normal dengan bus atau 2,5 jam via AVE – train cepat.

Kedua stadion ini secara sekilas memiliki banyak persamaan baik secara fisik maupun management. Lihat saja, bentuk stadion dan lapangan. Tentu saja, sepertinya semua lapangan bola terlihat sama, ya?

Interior stadion diolah sedemikian rupa menjadi display pameran berbagai piala hasil prestasi yang telah diraih oleh kedua klub. Bukan itu saja, juga terdapat aneka kostum dari berbagai generasi yang telah ada dengan berbagai warna dan bentuk. Dari yang lusuh, butut , karena dimakan waktu, sampai dengan yang kostum update terkini.

Di akhir perjalanan mengelilingi stadion, para pengunjung yang dipungut biaya € 19 di stadion Santiago Bernabeu dan € 21 di stadion Camp Nou ini dapat membeli atau sekedar melihat-lihat berbagai merchandise club sebagai souvenir dan kenangan-kenangan memorable. Aneka kaos bola Jersey asli, bola, tempat minum, gantungan kunci dan lain-lain tersedia dengan harga premium dan tentunya dijamin ASLI.

Stadion Santiago Bernabeu dan Stadion Camp Nou

stadion real madrid

real madrid2

real madrid fans shop

with messy

fans shop

Barcelona Fans Shop

 FCB

 

 

 

Camp Nou

‘Mes Que Un Club’ (bukan hanya sekedar klub) –  Stadion Camp Nou di Barcelona

 

Categories: Updates | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: