Pulau Pesta, Pulau Seribu Bule – Gili Trawangan

 

Gili Trawangan, Lombok. Gili artinya adalah pulau kecil.  Di Gili Trawangan, merupakan pulau terbesar dari ketiga Gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok.  Gili Meno dan Gili Air. Letak dari Gili Trawangan cukup tinggi diatas permukaan laut dengan panjang sekitar 3 km dan paling padat penduduknya.  Di tempuh sekitar 20 menit menyebrang dari dermaga dengan menggunakan Speed Boat.

Tadinya terheran-heran ketika tour guide menyebutkan kata lain dari pulau Gili Trawangan yang disebut juga Party Island.  Wow, karena para bule yang berseliweran dimana mana itu sering melalui malam dengan party/pesta till drop di sepanjang kafe-kafe di pusat pulau yang bernama Central.

IMG_1966

Di Central ini, selain kafe di kiri kanan jalan dengan hingar bingar party yang berlaku sepanjang malam, di siang hari banyak terdapat pula toko-toko kerajinan khas ataupun juga butik-butik pakaian a la pantai yang ramai diserbu pembeli.

Luar biasa. Jika waktu itu saya bepergian kesana tidak dalam rombongan Indonesia, mungkin saya akan lupa kalau saya berada di Indonesia. Bagaimana tidak, hilir mudik, kesana kemari akan nampak para bule yang berkeliaran lebih banyak daripada penduduk lokal. Mereka berkeliaran seperti virus. Di pantai, di kafe, di toko-toko, bahkan di kebun kosong yang saat itu kami lalui dengan menggunakan Cidomo, Andong khas Lombok.

Tidak heran jika Gili Trawangan menjadi semakin ramai. Pulau ini menjadi terkenal di dunia dan telah masuk dalam Lonely Planet’s ‘Top 10 Regions’ yang dikeluarkan oleh lonely planet Best sebuah buku panduan perjalanan dan digital media terbesar di dunia dalam edisi best in travel in 2011 karena Keindahan pemandangan bawah lautnya.

Tak perlu bingung mencari tempat menginap. Banyak terserak hotel-hotel dan penginapan dengan berbagai variant harga yang dapat disesuaikan dengan budget. Hotel tersebut kebanyakan terletak di sepanjang pesisir pantai di daerah Central dan sebagian yang lain, tersebar hingga pelosok pulau.

IMG_1990

Berbagai aktifitas yang dilakukan pengunjung pulau aneka bangsa ini. Selain untuk menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di sepanjang pesisir pantai, keindahan alam bawah laut yang katanya tersohor tersebut juga menjadi opsi lain. Dan jika opsi melihat alam bawah laut mereka yang diambil, ada baiknya untuk tidak di saat musim hujan seperti yang saya dan rombongan lakukan dimana air laut menjadi keruh sehingga tidak terlalu jelas terlihat keindahannya yang disaksikan melalui Glass Bottom / kapal berdasar kaca.

Untuk menghilangkan rasa penasaran dan memuaskan hasrat melihat keindahan surgawi bawah laut secara langsung,  sebagian teman-teman anggota rombongan kembali  mencoba peruntungan dengan cara Snorkling.

Para ladies sepeda ramai-ramai di Gili Trawangan

Saya yang saat itu tidak terlalu berminat Snorkling, memilih untuk berjalan-jalan mengelilingi pulau menggunakan sepeda dengan kelompok rombongan yang lain, menyusuri sepanjang jalan Central di Pulau Trawangan. Di pulau ini, kendaraan bermotor tidak diperkenankan dipergunakan untuk mencegah polusi dan untuk menciptakan suasana tenang dan damai. Cara terbaik menikmati keindahan pulau ini selain berjalan kaki  dan bersepeda adalah mengendarai Cidomo.

IMG_1840

Convoi Cidomo – Andong khas Lombok

Para pengunjung Gili ini, selain berburu keindahan alam mereka banyak pula yang menjadikan pulau ini sebagai master point berbagai kegiatan. Selain acara sosialita dari party-party malam yang diadakan oleh turis mancanegara di tiap malam di sepanjang jalan Central, banyak pula kegiatan perusahaan yang diadakan di pulau ini seperti halnya kegiatan Team Building yang saya dan rombongan kantor saya lakukan.

DSC_0552

lombok

lombok4

lombok3

Keindahan dan ketentraman pulau yang jauh dari polusi menambah keakraban para peserta team building dalam melaksanakan kegiatan outbond kecil-kecilan yang bertujuan untuk memadukan dan mengakrabkan seluruh anggota tim. Walaupun sedikit lelah karena jadwal team building yang padat, sepertinya semua terbayarkan dengan segala pengalaman dan keceriaan sepanjang acara yang yang didapatkan.

IMG_1896

IMG_1832Setelah puas mengelilingi pulau Gili Trawangan, di hari kedua rombongan terpaksa harus meninggalkan keindahan pulau menuju Lombok. Dari atas bis di sepanjang perjalanan, indah nian pemandangan gunung dan pantai yang diguratkan seolah lukisan.

Ombak dengan buih-buih putihnya yang menyentuh bibir pantai dengan lembut dengan suara gemuruh ombaknya yang khas. Betapa suatu karunia luar biasa, mendengarkan nyanyian burung Camar sayup-sayup di kejauhan, deru angin dari pohon nyiur yang melambai tergerak oleh angin dan suara ombak di kejauhan, pun alam yang seolah bernyanyi riang di suasana alam yang sangat damai.

2014-02-01 15.29.31

Indahnya pantai Malimbu tambak dari atas

DSCF1753

Sibuk pose. Disaksikan ibu penjual souvenir Lombok

Categories: Updates | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Pulau Pesta, Pulau Seribu Bule – Gili Trawangan

  1. irma

    mudahan next trip masuk list lagi aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: