Jelajah Kepulauan Derawan – Ubur-ubur Purba di Danau Kakaban

Mengunjungi Kepulauan Derawan sungguh kesempatan yang luar biasa dan dinantikan. Kepulauan  yang terletak di Propinsi Kalimantan Timur ini menjadi salah satu objek wisata bahari utama yang menjadi pilihan favorit turis asing setelah Raja Ampat.  Berada di sebelah timur Tanjung Redeb, atau sisi barat laut Sulawesi dan terdiri dari banyak pulau indah.

Diantara pulau-pulau indah itu ada beberapa yang paling terkenal dan banyak di kunjungi diantaranya adalah pulau Derawan, pulau Sangalaki, pulau Kakaban dan pulau Maratua.

IMG_0729

Pilihan Favorit Wisata bahari setelah Raja Ampat

IMG_1353

DSC02602

Keindahan kepulauan ini konon pamornya sudah ke manca negara. Tidak heran, ketika kita tiba di Bandara Kalimarau, bandara ini terlihat sibuk dan padat oleh arus wisatawan.

IMG_0496

Bandara Kalimarau di Berau

IMG_0493

Untuk rute perjalanan menuju ke kepulauan ini bisa di tempuh dengan dua rute utama yang lazim dipergunakan. Dari Balikpapan, Kalimantan Timur, perjalanan bisa dilanjutkan via pesawat menuju Tarakan atau Berau. Jika anda memilih via Balikpapan-Tarakan, maka setiba di kota Tarakan, perjalanan akan dilanjutkan melalui laut dengan menggunakan seatruck/ boat perahu mesin selama kurang lebih 3 jam. Namun, jika anda merasa lebih nyaman dengan perjalanan darat, jalur Balikpapan – Berau adalah opsi yang sebaiknya dipilih. Dari Berau,  perjalanan darat selama 2,5 jam akan ditempuh untuk kemudian menyeberang ke kepulauan Derawan di dermaga  Tanjung Batu selama hanya kurang lebih 20 menit saja.

IMG_0527

Pelabuhan Tanjung Batu

Di kesempatan mengunjungi kepulauan ini, saya melakukannya bersama rombongan kantor saya di PT. Elnusa, Tbk dalam kegiatan Team Building for operation dengan total peserta  yang berjumlah sebanyak 34 orang.

Keberadaan kami yang hiruk pikuk dengan keramaian anggota rombongan yang beragam polah, cukup menambah kepulauan yang bersuasana syahdu dan tenang menjadi sedikit semarak.

NOKIA Lumia 800_000086

Rombongan Team Building Elnusa

DSC02431

Perjalanan dimulai di pukul 14.25 di Balikpapan – Berau, tiba pada pukul 15.30 sore di bandara Kalimarau, Berau. Dilanjutkan perjalanan darat  lalu menyeberang dengan dua buah seatruck charteran. Konvoi mobil selama kurang lebih 2,5 jam berlalu tak terasa karena dipenuhi gurauan-gurauan riang para anggota rombongan yang berjalan beriringan dengan menggunakan 9 unit mobil. Tidak adanya armada bus sebagai penunjang transportasi darat mungkin bisa dipertimbangkan bagi pemerintah Berau jika ingin lebih menggeliatkan pariwisata yang menjanjikan ini di daerah mereka.

IMG_1440

Tiba di pulau Derawan, boat  langsung menambatkan tali pengait di dermaga resort terbaik di pulau Derawan. Hari telah menjelang malam namun setelah menata diri dengan bebersih dan meletakkan tas ransel, kami masih menyempatkan menghibur diri di waktu malam dengan acara malam kekerabatan yang dilakukan didalam resto Delawan yang terletak dalam wilayah resort.

Tak henti masing-masing peserta mengucapkan puji syukur karena telah diberikan kesempatan untuk melakukan perjalanan yang menjadi impian kebanyakan dari mereka. Gelisah menanti malam berganti pagi agar esok hari kami semua bisa segera menyusuri seluruh pulau-pulau yang telah hadir tepat di depan mata.

DSC02448

Menanti pagi segera terbit

DSC02438

Mengisi waktu sebelum pagi menjelang

DSC02454

Mengisi Waktu sebelum pagi menjelang (2)
Photo taken by : Toni BSA

Di pagi buta di hari kedua,  hampir semua anggota rombongan bangun pagi karena tak ingin kehilangan kesempatan berburu matahari terbit di ujung dermaga resort. Semburat matahari yang tersembul malu-malu diantara awan abu-abu kegelapan di pagi itu tidak mengurangi keindahannya diantara panorama laut yang sangat indah. Sesekali, terlihat beberapa ikan-ikan kecil berlompatan dan bayangannya nyata di beningnya air laut.

IMG_0642

Matahari yang pemalu
Photo koleksi pribadi

DSC02482

Pagi yang indah…seindah awan bermandikan cahaya matahari
Photo koleksi pribadi

IMG_1353

Pasir putih di sepanjang pantai
Photo taken by : Toni BSA

Pulau Sangalaki

Perjalanan di pagi itu ternyata dimulai di jam delapan pagi setelah sarapan yang lezat di resto resort. Menggunakan boat charteran yang sebelumnya digunakan mengantar  rombongan ke pulau derawan. Tujuan pertama adalah pulau Sangalaki dimana banyak terdapat penyu / kura-kura untuk menyaksikan tukik atau anak penyu yang akan menuju pantai setelah menetas.

DSC02436

Ramai canda tawa di dalam boat
Photo koleksi pribadi

Sayang sekali, timing kami kurang tepat ternyata. Sepertinya tur guide lokal miskoordinasi dengan koordinator resort di pulau Sangalaki.  Penyu (kura-kura) akan naik ke darat untuk bertelur di malam hari sampai dengan waktu subuh.  Jadi jika ingin melihat langsung proses penyu bertelur tersebut, ada baiknya menginap satu malam di resort kecil yang berada di pulau Sangalaki.

Para Tukik atau anak-anak Penyu yang baru menetas akan berjalan perlahan ke laut lepas pada sekitar sore hari. Kaki-kaki kecil mereka akan berjalan menuju laut untuk perlahan hilang dalam gulungan ombak.

DSC02545

Resort di Sangalaki
Photo koleksi pribadi

Untuk meredakan kekecewaan karena tidak dapat menyaksikan Tukik, akhirnya kami bermain-main di pantai Sangalaki yang berair bening dan hangat. Indah sekali. Terdapat pula dermaga yang menjadi objek foto yang sangat cantik dengan background laut yang maha luas. Berwarna biru  kehijauan yang sejuk, luar biasa indah dipandang mata. Sayupnya angin yang berhembus, matahari yang bersinar ramah dan tidak terlalu terik  akhirnya mendamaikan hati yang sedikit kecewa.

100_3490

Photo taken by : Aldo Mumek

IMG_0816

Indahnya kebersamaan
Photo taken by : Toni BSA

IMG_0825

DSC02569

Photo taken by : Toni BSA

Pulau Kakaban

Dari Sangalaki, boat meluncur  menuju sebuah pulau yang kesohorannya sudah mendunia. Pulau ini menjadi  tempat yang diburu para snorker dan diver manca Negara karena keindahan alam bawah laut yang dimilikinya. Selain itu, terdapat Ubur-ubur purba yang tidak beracun atau slingless Jellyfish yang banyak terdapat di dalam danau yang terletak di tengah pulau yang banyak dipenuhi oleh pohon mangrove. Konon, di dunia hanya ada 2 tempat dimana ubur-ubur jenis ini bisa ditemukan, yaitu di Palau – Filiphina dan di pulau Kakaban – Indonesia.

kakaban-island-map

DSC02576

IMG_0944

Letak danau yang berada di tengah-tengah pulau ini berada sedikit diatas permukaan laut dengan kedalaman danau sekitar 17 meter yang terdalam. Memerlukan perjalanan mendaki lalu menuruni tebing bertangga sekitar 10 menit dari pantai untuk mencapai danau ini. Cukup melelahkan namun setelah tiba di tujuan, rasanya terbayar sudah rasa lelah karena takjub dengan keindahan danau yang menyejukkan mata.

DSC02579

Menuju Danau Kakaban
Photo : Koleksi Pribadi

Danau Kakaban

Danau Kakaban
Photo taken by : Lia Purwanti

IMG_0867

Photo taken by : Toni BSA

Pulau  ini menjadi daya tarik luar biasa bagi para pencinta kelautan karena keindahan alam dan keanekaragamanan biota laut yang dimilikinya.  Untuk yang tidak mahir berenang, tidak usah khawatir karena biasanya tur agen sudah mengatur disediakanya pelampung yang akan membuat kita lebih aman dalam menikmati indahnya taman laut yang banyak tersebar di kepulauan sehingga menjadi pengalaman yang sangat sulit untuk dilupakan.

IMG_0935

IMG_0877

IMG_0903

IMG_0919

Snorking diantara Jellyfish
Photos taken by : Toni BSA

Adapun spesies Ubur-ubur yang hidup di danau ini adalah species yang berbeda dimana mereka telah kehilangan system pertahanan alamiah mereka dikarenakan kurangnya predator utama yang bertubuh besar di danau berair payau hangat ini.  Sangat aman berenang  diantara mereka karena jenis ini tidak menyengat sebagimana Ubur-ubur biasa. Yang menakjubkan, kita bisa bebas menyentuh dan memegangnya perlahan agar tak merusak tubuh Ubur-ubur purba ini yang lembut seperti jelly.

Photo0025 (2)

Underwater : Photo taken by : Benny Setiawan

IMG_0883

jellyfish

IMG_0886

IMG_0951

Maratua

Pulau Maratua menjadi  pulau terakhir di perjalanan di hari itu. Nama Maratua menurut beberapa penduduk setempat berasal dari kata “mertua”.  Entahlah.  Yang pasti, salah satu keunikan Maratua adalah reef garden  yang tidak jauh dari pesisir, dimana terlihat terumbu karangnya  bertebaran di sekitar pantai. Cukup berjalan saja, kita bisa menyaksikan terumbu karang itu dengan mata telanjang. Dengan menggunakan alat snorkling, kita bisa menjumpai Mollusca – hewan lunak dengan maupun tanpa cangkang seperti kerang-kerangan, Crustacea – hewan laut berbuku-buku seperti Udang, Kepiting dan lainnya serta mahluk laut lain yang membuat kita berdecak kagum.

Nampak pohon kelapa tumbuh tinggi menjulang yang berderet rapi di sepanjang pantainya yang berpasir putih. Pantai yang sedang surut saat itu menampakkan pasir dengan pola gelompang yang rapi dan cantik, menutup perjalanan kami di akhir sore yang romantis.

IMG_0994

IMG_1017

IMG_0998

IMG_1009

Pantai Maratua yang indah
Photos taken by : Toni BSA

Pengaturan Perjalanan

Karena kepopulerannya, kini kepulauan Derawan semakin ramai dikunjungi berbagai wisatawan baik lokal maupun internasional. Pun begitu, dikarenakan letaknya yang lumayan jauh dan harus melalui beberapa titik pemberhentian, diperlukan kecermatan yang tepat dalam mengatur perjalanan agar waktu tidak terbuang sia-sia karena harus mengatur dan mencari transport, hotel, boat, dll.

Sebagai catatan, jika memiliki waktu perjalanan yang terbatas dan dengan  jumlah anggota yang terhitung  banyak, alangkah baiknya jika perjalanan dibantu oleh travel agent lokal yang sudah terbiasa mengatur perjalanan mengelilingi kepulauan Derawan.

Untuk biaya paket lengkap tur lokal, rata-rata di patok di angka Rp. 2 jutaan diluar biaya pesawat.  Ini sudah termasuk  transport penjemputan airport ke dermaga Tanjung Batu – PP, biaya seatruck, makan dan minum, biaya tiket masuk daerah wisata serta hotel selama 2 (dua) malam.

Categories: Updates | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Jelajah Kepulauan Derawan – Ubur-ubur Purba di Danau Kakaban

  1. desi

    Tulisannya bagus mbak ^^
    Please, bisa bagi info soal tur lokal gak?? no yg bisa dihubungi atau email mereka mungkin ^^
    Saya dan seorang teman tertarik untuk liburan ke Derawan. bisa email ke desi.purbawati@yahoo.com jika berkenan.
    sebelumnya terima kasih ^^.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: