Mata Biru Pengusir Roh Jahat

Adat kebiasaan orang Indonesia untuk masalah oleh-oleh sepertinya sama dan umum. Di tiap kesempatan berkunjung ke suatu tempat yang baru, yang terpikir adalah membeli oleh-oleh untuk kerabat dan teman-teman terdekat.

Pun demikian halnya saya. Di tiap perjalanan dan di tiap persinggahan, tradisi yang satu ini hampir tak terlewatkan dan menjadi momen yang menyenangkan.

Saat hunting barang souvenir untuk oleh-oleh di Turki,  banyak sekali ditemui hiasan dengan ikon mata berwarna biru. Bahannya terbuat dari batu atau terkadang dari bahan batu sintesis namun dengan ikon sama yaitu satu mata berwarna biru. Penduduk  setempat menamakannya Nazar Boncugu atau Mata Biru / Blue Eyes.
mata biru

Apa ya gunanya?  pikir saya selalu karena benda ini bisa ditemui dimana mana.  Di tempat penjualan souvenir, di hiasan dinding, stiker-stiker, bahkan di pintu rumah penduduk. Nah, ketika bertanya kepada salah satu pedagang yang dagangannya terdapat benda dengan ikon ini, ia menjelaskan bahwa warna biru dalam Mata Biru ini dipercaya secara turun temurun sebagai alat pengusir roh jahat.

DSC01742

Mata Biru dimana mana

 

DSC01861

Mata Biru Banyak Ditemukan di Sini

 

DSC01866

Mata Biru ditemukan dalam berbagai bentuk dan produk. Perhiasan, gantungan kunci mobil, magnet kulkas, dompet, kaos, dan lain-lain. Bahkan di satu tempat di Cappadocia, si mata Biru di gantungkan diatas sebuah pohon  yang berdiri tegak di atas suatu puncak lembah yang bernama Pigeon Valley / Lembah Merpati.

Pohon ini dipenuhi Mata Biru yang digantungkan di antara dahan-dahannya sehingga nampak  seperti berdaun Mata Biru. Terlihat cantik sekali sehingga ramai  para pengunjung Cappadocia berpose di bawah pohon tersebut.

DSC01315

 

Categories: Updates | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: