Kuliner Turki – All ’bout Food and Food

Apa yang lebih menantang di tiap perjalanan daripada misteri makanan yang akan menghadang kita setibanya di tujuan? Yup, makanan jadi faktor penting yang mengundang keingin tahuan kita termasuk makanan di Turki yang sangat beraneka ragam.

Makanan di Turki, kalau boleh saya berkata jujur ; awalnya agak kurang cocok dengan lidah saya yang awam. Semuanya serba maniiisss… creamy, serba terong, serba kacang. Hehe…
Untungnya, saya si pemakan segala ini suka nekat mencoba makanan apa saja yang nampak di depan mata. Semuanya di coba saja, lalu perlahan mulai pandai membedakan mana yang pas di lidah, mana yang agak kurang berkenan.

Kebab

Ini dia. Mana sih yang katanya Kebab dari Turki. Secara, di Indo saja Kebab itu ada dimana mana sampe ke pelosok kampung. Tapi, saking banyaknya aneka ragam makanan yang disantap, baik di hotel, di resto, bus stop dll, ternyata hanya dua kali Kebab ini ditemui. Pertama kala makan siang di perjalanan menuju Ankara, dan satu lagi ketika sedang menunggu teman – teman berbelanja di Grand Bazar Istanbul.

Kebab artinya daging. Jadi secara fisik, kebab yang biasa kita makan di Indonesia itu hanya variasi dari berbagai jenis masakan kebab. Jadi tidak melulu disajikan bersama  roti yang membungkusnya. Pun kebanyakan Kebab disana juga dipanggang/diasap bertumpuk dengan alat penusuk sebagaimana yang kita lihat di kebab Turki di Indonesia.

DSC01975

Kebab Hot Plate

Resto Gua Batu Dede Efendi

Di Cappadocia, makan siang kami terasa lebih mempesona karena diadakan di restaurant yang juga dari gua batu. Nama restaurant itu sangat familiar dengan nama orang Indonesia atau suku Sunda tepatnya karena bernama ‘Dede Efendi’. Awalnya, saya pikir pemilik resto ini bisa jadi orang Indonesia yang sudah lama bermukim di Turki dan membuka usaha restaurant. Usut-usut ternyata Dede Efendi adalah nama seniman Turki yang terkenal. Tepatnya, dia adalah seorang komponis musik klasik Turki yang meninggal di tahun 1846. Beliau adalah pencipta notasi Hampasum, notasi dominan untuk musik Turki.

DSC01875

Di Resto ini, arsitekturnya memang mengikuti kontur tanah gua dengan warna aslinya yang khas. Interior didalamnya pun di desain simple jadi terasa seperti di gua sungguhan.

DSC01871
Menu yang disajikan kala itu adalah sup krim lezaattt sampai minta tambah berkali-kali (lapar atau enak ya), dengan roti yang dilanjutkan menu utama berupa sesendok nasi samin dan ikan bakar fillet yang enak. Entah ikan apa, karena ketika ditanya ke pelayan, mereka hanya tersenyum-senyum tebar pesona. Maklum, mereka hanya bisa berbahasa inggris sepotong-sepotong. Ya sudah, dinikmati saja ya makan siangnya😉

DSC01874

Makanan Penutup

Basbousa
Untuk makanan penutup, mereka sepertinya selalu mempunyai Basbousa untuk disajikan. Makanan super manis ini hampir selalu kami jumpai di tiap penutup makan kami. Rasanya legit, super manis dan tekstur yang lembut.

basbousa

Ice Cream
Mereka punya Ice Cream dari susu kambing yang diolah dengan menggunakan ekstrak akar anggrek untuk membuat ice cream mereka menjadi liat dan tidak gampang tumpah dan cair.
Dimana-mana terlihat penjual Ice Cream ini mengenakan baju khas mereka dengan gerobaknya. Tingkah mereka yang lucu sangat atraktif dan mengundang tawa.

DSC02027

IMG_3745

Yogurt Kambing dengan Biji Opium
Opium ?? Wowww. Ya biji opium di Turki dijadikan garnis untuk Yogurt Kambing yang mereka sajikan. Jangan khawatir, biji opium ini ternyata tidak menimbulkan efek memabukkan atau apapun karena hanya getah opium saja yang diolah menjadi madat. Biji opium dikeringkan dan diolah untuk dijadikan garnis yang menyertai yogurt selain madu.

DSC01749

 

Intinya,  coba saja semua makanan yang ada. Rasakan dan nikmati sensasi perbedaan bumbunya yang khas perpaduan Arab, Eropa dan Asia. Kalau terasa hambar, yah kalau mau lezat bawa garam sachet sendiri untuk menambah cita rasa. Jangan lupa pula yang sebaiknya dibawa seperti tip yang sudah-sudah, yaitu ; sambal sachet andalan kita. Bagi saya yang lidahnya terbiasa pedas, tentu saja ini menjadi item yang WAJIB dibawa.

🙂

Photos will talk more than words

Turkish Delight

Manisnya Turkish Delight

Manisnya Turkish Delight

Resto Ikan di Penyeberangan Ferry Eceabat

DSC01576

Deretan Resto Ikan di Kumkapi, IstanbulDSC02021

Kestane

DSC01527

DSC01534

Dried Fruits

DSC02016

Roti Simit

IMG_2905

simit

Categories: Updates | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Kuliner Turki – All ’bout Food and Food

  1. berapa tuh harga eskrimnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: