Kota Flintstones Cappadocia

“Yabba dabba doo!

Pernah membayangkan tinggal di gua sebagaimana tokoh karakter kartun Fred Flintstone & Family ? huaa… di Cappadocia masih terdapat pemandangan unik dimana terdapat kota bawah tanah yang seluruhnya dipahat dari batu.

fred_flintstone
Di tengah era modernisasi yang sedang melanda bangsa Turki, ternyata disana masih terdapat sebuah kota bawah tanah yang seluruh bangunannya dipahat dari batu. Ya, persis seperti kota Flinstones di film kartun yang dulu sering kita tonton dahulu saat masa kecil😉 . Sungguh mengagumkan dan membuat decak kagum karena bangunan gua dari batu itu sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Untuk itulah, Cappadocia masuk dalam salah satu jajaran UNESCO World Heritage Site.

DSC01905
Cappadocia terletak sekitar 200 mil di selatan Ankara, ibukota Republik Turki dan membentang antara Gunung Taurus dan Laut Hitam. Saya sendiri pergi ke Cappadocia dari Izmir, wilayah selatan Turki. selama 13 jam plus istirahat sebentar diperjalanan. Jauhnya perjalanan tentu saja terbayar dengan apa yang saya dapatkan di tempat ini.

DSC01939

Kota ini pertama kali diukir oleh bangsa Het dari kerajaaan Hittites lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Kerajaan Hittites merupakan salah satu imperium termaju di dunia kuno yang berkuasa dari 1700 SM sampai 1190 SM.

DSC01947
Bebatuan sedimen yang terbentuk dari material vulkanik sekitar 9 sampai 3 juta tahun yang lalu, yang terkikis oleh angin dan hujan sehingga membentuk seperti menara dan pilar. Bebatuan itu di jaman ribuan tahun yang lalu sudah diukir menjadi rumah gua yang mereka tinggali dan juga terdapat gereja dan biara. Bayangkan, bangunan ini sudah ada sejak jaman kekaisaran Romawi lho namun masih terlihat dalam kondisi yang cukup baik hingga detail interior didalamnya.

DSC01907

DSC01886
Berada di lokasi ini seolah olah kita sedang hidup dan tinggal pada jaman Fred Flinstones😀

DSC01943

DSC01919

IMG_3678

Pemerintah Turki membangun dan memelihara kawasan wisata Cappadocia dengan sangat baik. Dapat dicapai dengan jaringan transportasi bus, kereta api, dan penerbangan dari kota Ankara dan Istanbul. Wilayah Cappadocia yang dikelilingi beberapa kota, seperti Hacibektas, Aksaray, Nigde, dan Kayseri, bisa dikunjungi sepanjang tahun. Jika ingin menikmati puncak musim dingin dimana wilayah ini diselimuti oleh salju, datanglah pada bulan Januari. Namun jika ingin menikmati seutuhnya, datanglah di puncak musim panas di bulan Juni, dimana pada saat ini kawasan ini akan sangat ramai sekali dengan pengunjung karena merupakan musim liburan sekolah. Adapun saya, berkesempatan mengunjunginya di musim gugur yang romantis. Daun-daun menguning, musim yang dingin namun belum bersalju.

DSC01967

di musim gugur yang romantis

Dimasa ini, memang rumah-rumah di Cappadocia tidak lagi ditinggali oleh penduduknya, namun mereka mengubahnya menjadi hotel mewah, restaurant, museum, bahkan butik-butik mewah. The Goreme Open Air Museum adalah situs yang paling banyak dikunjungi oleh para turis di Cappadocia.

DSC01876

Restaurant Kaya (Batu) Dede Efendi. Sumpah, bukan punya orang Sunda lho ya.😛

Jika ingin menyaksikan keseluruhan panorama dari Göreme, dapat dilihat diatas suatu lembah yang terlihat seperti burung Merpati sehingga dinamakan Pigeon Valley.

DSC01315

Pohon Mata Biru di Lembah Pigeont Valley

Hmm, saya membatin saat naik ke bus yang membawa kami pulang ke hotel setelah kunjungan. Hebat sekali ya, saya kagum dan salut dengan pemerintah Turki yang pandai dan gigih merawat situs-situs alam dan budaya mereka dengan sangat baik untuk dapat disaksikan seluruh pengunjung dari manca Negara.

Categories: Updates | Tags: , , | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Kota Flintstones Cappadocia

  1. Anonymous

    Keren say… Tulisan Dan foto2nya…;’)

  2. mugi

    Salam kenal mbak wandra..tulisan perjalannya Sangat menginspirasi kami yg berencana ke Turki awal januari nanti. Kalo boleh tau ikut travel apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: