Legenda The Troy – Jelajah Turki

Lumayan juga ya. Sebuah kota menjadi terkenal seantero dunia karena legenda kotanya di filmkan dan diperankan oleh seorang actor terkenal. Siapa sih yang tidak kenal dengan actor tampan Brad Pitt si pemeran Film The Troy ?

Bagi yang sudah pernah atau bahkan berkali kali nonton film ini tentu masih ingat kuda raksasa yang terbuat dari kayu yang digunakan  tentara Yunani untuk menembus kota Troy. Kuda raksasa inilah yang menjadi kejutan manis yang diberikan Luna sebelum menuju ke situs kota Troy yang bernama Hisarlik. Luna, si tur guide lokal, gadis cantik dan baik hati asli Turki yang menemani tur kami, berkata bahwa dia ingin memberi kejutan.  Saya dan teman-teman bersorak ketika ternyata kejutan itu adalah  ke tempat dimana kuda Troy berada di alun-alun kota Canakalle.

Setelah mengunjungi patung raksasa kuda Troy, kami bergegas menuju Hisarlik. Tempat ini adalah tempat yang sarat dengan sejarah dan mitos. Disinilah terlihat reruntuhan kota Troy dan tempat dimana terjadinya perang Troya yang  melegenda dan kemudian di filmkan itu.

Reruntuhan Kota Troy

Reruntuhan kota troy

Perang Troya adalah perang yang melibatkan cinta Helen dan Paris, ketamakan Raja Agamemnon, serta patriotisme Hector dan Achilles.

Dipicu oleh larinya Helen, isteri Menelaus, ke Troy. Helen terlibat cinta dengan Paris, anak Raja Priam. Adapun Menelaus adalah adik Agamemnon, raja Yunani. Kemarahan Menelaus karena isterinya direbut Paris dimanfaatkan oleh Agamemnon sebagai alasan untuk menyerbu Troy. Sebenarnya Agamemnon memang sudah lama ingin menguasai Troy. Achilles, sepupu Agamemnon, ikut serta di antara pasukan Yunani dan ikut terlibat perang untuk membela negaranya. Ia sebenarnya  berseberangan dengan Agamemnon yang tamak dan jahat.

Singkat cerita, Hector anak Raja Priam lah yang akhirnya maju melawan Achilles dan dia mati terbunuh. Walaupun kemudian Achilles pun juga terbalaskan mati  di tangan Paris. Paris membunuh Achiles tepat di urat kakinya yang merupakan titik lemah Achilles. Itu kenapa di dunia kedokteran, ada nama urat  yang dinamakan Achilles.

Hmm. Kisah yang mengharu biru ya. Sedih …😦

Paris diapit Helena-Helana😛

Oh ya. Terus,  dimana peran kuda Troy ?

Hmm, kuda Troy adalah patung kuda raksasa yang digunakan oleh pasukan Yunani. Mereka berstrategi menembus kota Troy dengan bersembunyi di dalam kuda tersebut. Tadinya rakyat Troya dengan lugu mengira bahwa kuda itu adalah patung hadiah untuk raja sehingga mereka mengangkut kuda Troy beramai ramai masuk ke dalam tengah kota. Tak dinyana, pasukan Yunani yang ternyata bersembunyi didalamnya keluar di tengah malam buta untuk menyerbu kota Troy.

Masih bingung ? nonton sendiri ya. Yang cerita juga lagi mumet kecapean foto-foto Paris dan Helena😀

Tertarik untuk ke kota ini ? Hisarlik terletak di Čanakallė, kota yang berjarak sekitar 5-6 jam perjalanan dari istanbul. Untuk mencapai kota ini kita harus menyeberangi ferry selama kuranglebih 30 menit melewati Teluk Izmir.

Menyeberangi Teluk Ismir menuju Canakalle

Kunjungan pun berakhir di sore yang beranjak  dengan sangat cepat menjadi gelap  di awal musim dingin. Hari itu menjadi sangat melelahkan karena selain perjalanan yang cukup jauh dari Istanbul, hari itu saya mabuk perjalanan (malu-maluin ya sampe jackpot ..he3 ). Mungkin karena kondisi yang kurang fit dan makan siang saya tidak pas di perut.

Categories: Updates | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Legenda The Troy – Jelajah Turki

  1. Dear Ibu,

    Foto ibu yang di turki (Troy) saya ambil dan publish di Fans page Alia Wisata: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=555619917841309&set=a.245848098818494.56438.203183676418270&type=1&relevant_count=1

    Jika ibu keberatan saya mohon maaf dan akan segera mengahapus foto tersebut.

    Rifqi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: