Salju di Jungfraujoch, Swiss.

Jika anda berada di Negara Swiss,  jangan lewatkan kesempatan untuk mendaki gunung Jungfraujoch di Interlaken untuk dapat menikmati keindahan gunung yang disebut-sebut sebagai Top of Europe ini. 

Hari itu kami berangkat sangat pagi dari kota Lausanne, Swiss untuk menuju kota Interlaken, kota terbesar di kawasan wisata Jungfrau.

Di Lausanne saat itu udara pagi hanya berkisar 5 derajat Celcius. Tetap saja dingin masih merasuk kedalam pori-pori kulit walaupun saat itu saya mengenakan baju berlapis tiga, jaket berlapis bulu angsa, topi kupluk, sarung tangan dan syal paling tebal yang saya miliki.

Ready to Jungfraujoch

Berbekal roti sandwich dan berbungkus-bungkus coklat, kami bergegas menaiki bus dan meluncur ke kota Interlaken untuk memulai petualangan hari itu mendaki gunung Jungfraujoch.

Kota Interlaken yang terletak di kaki pegunungan Alpen itu menjadi penghubung semua kota besar di Swiss sebelum mendaki ke Jungfraujoch.

Peta Jungraujoch

Sepanjang perjalanan dari Lausanne menuju Interlaken, berbaris baris gunung nan indah sungguh sayang untuk dilewatkan mata. Sangat indah dan tampak seperti lukisan. Tak henti mulut ini berdecak kagum dan menyebut namaNya karena rasa kagum akan ciptaan yang Kuasa. Dan semakin mendekati kawasan yang dituju, gunung tinggi berwarna putih itu sudah mulai terlihat menampakkan keindahannya. Begitu anggun… begitu kokoh.

seperti lukisan ..


Bus berhenti di Stasiun Lauterbrunnen untuk melanjutkan perjalanan dengan kereta listrik khusus beroda gigi (cogwheel) . Kereta jenis ini dibutuhkan untuk menempuh jalur mendaki pegunungan karena roda-rodanya bergerigi yang berfungsi agar roda melekat /mencengkram erat pada rel kereta yang mendaki curam kearah puncak gunung

Sebelum kereta yang ditunggu tiba, kami menyempatkan diri untuk mengabadikan keberadaan kami dengan berfoto di lereng gunung yang terletak tak jauh dari stasiun Lauterbrunnen.

di stasiun Lauterbrunnen

Dari Lauterbrunnen, kereta beringsut naik perlahan menuju Stasiun Kleine Scheidegg di ketinggian 2.064 meter lalu berganti kereta menempuh etape terakhir menuju Jungfraujoch. Sepanjang kiri kanan jalan di pendakian, pemandangan maha indah terhampar luas dan sangat mengagumkan. Ditambah suhu yang dingin, maka suasana kali itu menjadi sangat tak terlupakan.

Dan akhirnya sekitar tengah hari kereta tiba di Stasiun Jungraujoch, stasiun yang tercatat sebagai stasiun tertinggi di Eropa.  Kami pun segera bergegas turun karena tak sabar ingin langsung menyaksikan Jungfraujoch, ingin menyentuh, memegang dan berguling guling diatas salju nan putih bersih itu.


wow.. saljuuu

Jungfraujoch tercatat setinggi 3471 meter di atas permukaan laut, disebut juga sebagai Top of Europe.

Sangat banyak lokasi wisata yang ditawarkan di sana yang untuk mencapainya kita bisa menggunakan fasilitas lift ataupun tangga. Ada toko souvenir, restaurant, ataupun tempat untuk sekedar minum kopi. Bahkan jika ingin keluar dari gedung untuk berjalan di atas salju juga dipersilahkan.  Ada istana es (Eispalast), namun mesti hati-hati dan sepatu es atau sepatu salju serta jacket tebal dan sarung tangan, juga penutup kepala jangan lupa untuk dikenakan kalau tidak ingin kedinginan.

di minus 5,4 Derajat Celcius

Pusat Observasi Alam (Sphinx)

Selain tempat wisata, ternyata disana juga dibangun gedung pusat observasi alam untuk keperluan geologi, fisika, astrologi dan hydrologi (Sphinx).  Tempat ini berada diketinggian 117 meter dari pusat Jungfraujoch yang dapat dinaiki dengan menggunakan lift. Dari pusat Sphinx terlihat jelas keindahan puncak gunung Mönch (4107 m ü.M) dan Jungfrau (4158 m ü.M).

“Antara Sorga dan Bumi” (Zwischen Himmel und Erde, Between Heaven and Earth) ; demikian dinas wisata Swiss menamakannya.

Dan petualangan ini membekas indah dan menjadi doa dalam hati kecil paling dalam. Semoga di suatu saat nanti bisa kembali ke tempat indah ini bersama dengan orang-orang yang saya kasihi. Amiinn YRA.

Categories: Updates | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Salju di Jungfraujoch, Swiss.

  1. Anonymous

    The image of the red train travelling down the Alps is one that I own.

    I will return to your site in the near future to see if it’s been removed.

    • Hi.. i have removed the picture that belong to you. i apologize for this inconvenient situation.

      thanks and regards

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: