Sore di Grotte Markt, Brussels- Belgia.

Menikmati sore yang dingin sembari menyaksikan aktifitas penduduk setempat di Grotte Markt, menjadikan waktu menjadi terasa begitu sempit.
===
Ketika berkunjung ke Brussels saya mengunjungi central kota yang terkenal di seluruh dunia akan keindahan bangunan-bangunan di alun2 pusat kota tersebut.
Alun-alun kota tersebut bernama La Grand Place (Perancis) atau kata lainnya Grotte Markt (Belanda). Mengapa ada dua nama dalam dua bahasa, ini dikarenakan Belgia terletak diantara Perancis dan Belanda, sehingga bahasa yang digunakan mayoritas penduduk Belgia adalah bahasa Perancis dan Belanda.

Bangunan-bangunan di Grand Place terkenalnya akan keindahannya. Saking terkenalnya, ada ungkapan yang sering terdengar ketika pengunjung di Brussel mencoba menggambarkan keindahan alun alun pusat kota itu yaitu : ‘ one of the most beautiful town squares in Europe, if not in the world‘ ; salah satu kota yang terindah di Eropa, jika tidak di dunia!

di sudut Grotte Markt

Sepertinya ungkapan ini tidak salah, karena saya pun dikejutkan oleh pesona alun-alun yang di set sangat indah dan bergaya dekorasi bernilai seni tinggi. Saat ini Grand Place adalah daya tarik wisata utama kota Brussels. Alun-alun ini sepanjang tahun dikunjungi oleh ribuan orang yang berada disana sekedar menghabiskan waktu berkeliling dan mengagumi bangunan-bangunannya yang indah khas Eropa, berjalan atau dengan duduk di sudut salah satu teras kedai kopi yang banyak dimiliki di sekitar Grand Place sambil menikmati secangkir kopi atau coklat panas.

Manneken Pis
Setiap Negara biasanya mempunyai symbol keunikan khas yang ada pada Negara mereka. Di Brussels, patung Manneken Pis menjadi mascot khas dan berada dimanapun mata memandang. Terlihat aneh ya, patung seorang anak kecil telanjang sedang –maaf – kencing di sebuah taman. Tiap orang yang berkunjung ke Brussels tidak akan mau melepaskan kesempatan untuk mencari dan berfoto dengan patung anak kecil ini. Patung anak kecil ini terletak beberapa ratus meter dari Grand Place dan hanya membutuhkan waktu selama sekitar 10 menit untuk mencapainya. Dengan rasa penasaran yang sama dengan pengunjung lain, saya pun tidak ingin ketinggalan untuk berfoto bersama si anak kecil termasyur di Belgia ini. Saat itu, patung tersbut tidak bertelanjang baju seperti biasa namun ditutupi oleh pakaian khas. Selidik –selidik,ternyata ada beberapa waktu tertentu dimana patung ini dibungkus oleh pakaian.
Legenda Mannekin Pis yang diceritakan kepada para wisatawan ada beberapa versi. Yang umum diceritakan yaitu tentang seorang anak kecil yang terjaga karena kebakaran dan mengencingi api untuk memadamkan api kebakaran sehingga hal tersebut menyelamatkan istana raja dari bencana kebakaran. Ada juga versi yang menceritakan bahwa anak kecil tersebut adalah anak kecil pemberani yang nekat mengencingi bom yang akan meledak di kota itu sehingga dibuatlah patung anak kecil dalam keadaan sedang pipis dan membuatnya sangat popular dan menjadi ikon kota Brussels.

berfoto di depan Manneken Pis. Saat itu si patung anak kecil sedang ‘berbaju’

Waffle Belgia

Wafel Belgia yang juga umum kita dapati di Indonesia, adalah panganan yang terbuat dari adonan tepung dengan campuran gula dan juga Ragi atau pun Baking Powder.

Wafel tradisional Belgia yang ukurannya lebih besar dari ukuran wafel biasa ini diolah dengan tidak menggunakan Baking Powder untuk mengembangkan adonanan namun lebih memilih Ragi, walau ada juga sebagian Wafel Belgia kontemporer yang  juga menggunakan Baking Powder.

DSC00392

Orang Belgia suka makanan yang manis-manis. Nah wafel Belgia ini pun terasa manis legit dan disajikan dengan aneka topping yang menggugah selera. Topping disajikan  warna  warni  seperti Whipped cream, confectiomer gula, buah-buahan, cokelat, siraman sirup, dll. Ada pula yang menyajikannya dengan topping Ice Cream aneka varian rasa.

Di Brussels, wadah untuk menjual Wafel khas ini terletak tak jauh dari taman dimana maskot khas Belgia yaitu Mannekin Pis yang berada di sekitaran alun-alun kota Grotte Markt.

Toko Wafel  ini berdiri mencolok mata dan sangat mudah ditemukan karena di depan toko tersebut juga terpajang Mannekin Pis sedang memegang wafel besar yang lezat. Mannekin ini dibuat seolah-olah  dari terbuat dari coklat yang menggiurkan dan berpose tanpa busana.

DSC00393

 

Tin Tin di Wall Kota

Premiere Tin Tin

Kota Komik
Brussels terkenal sebagai kota komik. Di setiap sudut kota banyak sekali dinding-dinding yang dihiasi gambar-gambar komik yang terlihat cantik dan serasi dengan tata letak gedung.
Komik Tin Tin yang sangat terkenal itu ternyata juga berasal dari Belgia.Dilahirkan dari tangan kreatif seorang seniman Belgia bernama Hergé pada tahun 1929. Komik tersebut menjadi salah satu komik Eropa yang sangat terkenal pada abad 20 dan sudah diterjemahkan ke dalam lebih dari 50 bahasa. Tidak heran, akhirnya banyak tempat di kota Brussel memajang komik Tin Tin ini dan menjadi pemanis kota. Serasi dengan mascot kotanya yang berupa patung anak kecil, Tin Tin pun menyemarakkan kota dan menjadi kebanggaan kota Brussels.

Thanks,

Wandra Aira ; follow me on twitter – @wandraira

Categories: Updates | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: