Sungai Rhine, Riwayatmu Dulu …

Seperti halnya Sungai Bengawan Solo, Sungai Rhine memang mengalir sangat jauh melewati berbagai negara di Eropa. Pesonanya membuat saya tertarik untuk mencari tahu lebih dalam mengenai riwayat dari sungai yang terjaga keindahan dan kebersihannya ini.

Menyusuri Sungai Rhine

Air Sungai Rhine yang mengalir jernih itu berasal dari Pegunungan Alpen di Swiss  lalu mengalir turun setelah melewati perjalanan panjang di perbatasan negara Leichtenstein, Austria, kota-kota di Jerman (mulai dari Mainz, Bingen, Bonn, Cologne, Dusseldorf, Duisburg), Perancis, dan bermuara di Belanda, tepatnya di muara di tepi laut North Sea, dekat Rotterdam.

Karena melewati berbagai Negara itulah maka nama sungai ini menjadi sedikit berbeda penulisan sesuai Negara yang dilewati. Rhine (Perancis), Rhein (Jerman), Rijn (Belanda), dan Rhenus (nama lainnya). Sebutan yang paling populer adalah versi Perancisnya, Rhine. Nama sungai ini sebenarnya berasal dari kata ‘renos’ yang ’mengalir jauh’. Ya, sungai ini mengalir jauh, yaitu sepanjang kira-kira 820 miles (1.320 km).

Airnya bersih dan jernih meskipun digunakan oleh berbagai penduduk di berbagai negara. Hebat ya. Dan memang terbukti belum pernah terdengar protes-protes pencemaran lingkungan di sepanjang aliran sungai ini.

Pemandangan berupa perpaduan antara bangunan kastil tua abad pertengahan, lembah pertanian dengan tanaman anggur, serta jalur KA dan lalu lintas jalan raya, di samping perbukitan. Pemandangan alam yang indah dan memesona.

Kastil dipinggir sungai Rhine

Sungai ini memiliki sejarah panjang.  Pertempuran antara tentara Romawi dan Jerman di Hutan Teutoburg , Jerman yang akhirnya menyebabkan Sungai Rhein sebagai batas utara Kekaisaran Romawi. Sungai ini juga sebagai objek sejarah pada masalah perbatasan antara Perancis dan Jerman. Contohnya pada tahun 1840 krisis Rhein berkembang, dikarenakan Perdana Menteri Perancis Adolphe Thiers berbicara tentang perbatasan Rhein. Lagu Die Wacht am Rhein digubah saat itu dan selama Perang Perancis-Prusia berkembang menjadi lagu kebangsaan Jerman. Lagu itu berupa seruan untuk mempertahankan Sungai Rhein menghadapi Perancis. *

*dari berbagai sumber dan Google.

Categories: Updates | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,963 other followers

%d bloggers like this: