Ao Dai, Baju Khas Vietnam

Warna Warni Ao Dai

Ketika tiba di Tan Son Nhat International Airport di  Ho Chi Minh (HCM), seorang wanita muda ramah yang menawarkan taksi kepada saya sudah menarik perhatian saya. Baju khas yang dikenakannya begitu indah dan sangat pas dikenakan di tubuhnya yang langsing. Belakangan baju khas itu saya ketahui bernama Ao Dai.

Ao Dai menjadi baju khas rakyat Vietnam yang bisa dan umum dikenakan diberbagai kesempatan dan keseharian. Berbeda dengan baju Nasional kita Kebaya yang saat ini hanya bisa dikenakan dan ditemui pada acara-acara khusus saja.

Ao Dai mirip dengan pakaian China Qipao. Terdiri dari gaun hampir semata kaki dengan belahan panjang dikedua sisi dan dikenakan bersamaan dengan celana panjang gombrong dari bahan sutra. Baju ini terlihat elegan, nyaman dikenakan dan bisa dikenakan dalam kegiatan sehari hari misalnya pada siswi sekolah, pekerja kantor wanita (resepsionis, sekretaris, PR, memandu wisata), penjaga toko, dll.

Sering pula dikenakan dalam berbagai peristiwa special seperti pernikahan, pesta jamuan atau bahkan ke tempat ibadah mereka. Bedanya, jika ke tempat ibadah mereka hanya mengenakan warna putih, namun warna-warni cerah dan mewah ke acara pesta. Tubuh wanita Vietnam yang rata-rata langsing, terlihat sangat pas mengenakan pakaian model seperti ini.

Indahnya pesona Ao Dai lalu menggerakkan hati saya untuk mencari bahan kain untuk pakaian tersebut untuk koleksi pribadi dan oleh-oleh. Beruntung, ketika berkunjung ke Ben Thanh Market di District 1, bahan kain Ao Dai sangat banyak dijumpai dengan berbagai variant bahan dan harga. Jangan lupa untuk menawar karena mereka mematok harga sangat jauh. Juga berusahalah tersenyum ramah dan sabar karena kebanyakan dari pedagang ini bersikap kurang bersahabat jika kita hanya menawar tanpa membeli atau sekedar melihat-lihat saja.

Ao Dai untuk Pesta

Ragam Ao Dai

Ke tempat Ibadah

Me & Auntie w/ Ao Dai style

 

Me and Au Dai Style

Categories: Updates | 12 Comments

Post navigation

12 thoughts on “Ao Dai, Baju Khas Vietnam

  1. wita

    di ben thanh market, bisa dapat harga berapa untuk 1 stel ao dai??? bocorannya donk… tq ;)

    • ya halo wita.. di ben thanh kemaren aq beli yang bagusan seharga $10 per set (bahan atasan dan bahan celana). ada juga yang harga 70.000 Dong / stel (sekitar Rp.40.000 ribu). Bahkan ada penjahit plus bahan yang menjahitkan dalam satu hari hanya dengan harga sekitar Rp. 200.000 dengan model dan jahitan yang sangat rapi.

      • wita

        wow.. murah juga yaa.. hehehe.. ga sabar pengen cari… aku rencanya akhir bulan ini kesana… tq infonya yaa… klo ada bocoran info menarik ttg HCMH boleh di share donk… xixixi.. ;)

  2. aHong

    halo Wita, baru baca blog Anda, sy orang Saigon, mau traktir Anda dan teman2 kopi vietnam. bisa ketemu ga. nama saya aHong -+840983677836

    • halo juga aHong, anda orang Saigon atau orang indonesia yang berada di Saigon ? nice to know you. Kapan2 kalo saya kesana saya lagi akan saya contact boleh ya.. tks

  3. Anonymous

    maaf kalau boleh tanya.. kalau pas festival panen.. pakai kostum ini juga ya? dan makanan yang ada difestival itu apa saja ya? terima kasih… soalnya saya sudah browsing tapi tidak ada.

    • klo untuk festifal panen biasanya mereka pakai juga ao dai. kalo panen beneran, entah kalo yang di pelosok-pelosok ya, tapi rata2 ao dai memang dipakai dalam acara apapun.

  4. pengen buat kain satin+brokat jd model baju ala ao dai, tp nunggu langsingin body dulu…lucu kayanya klo lg berisi pk ao dai, jd ky “wa dai”..hehehe( gak bebody)

  5. kate dhevie than

    ao dai akan selalu digunakan disetiap,. acara” menentu ,.. kalau boleh tau,,, di indonesia online,.. ada gak yg jual ao dai,.. soalnya kangen banget dengan vietnam …
    sya adlah orng bien hoa,…..
    sya hrap bisa mengenal anda semua,… :)

  6. dyani

    Halo Wandra, saya mau ke saigon tgl 19 sampe 21 Desember, kalo sewa baju Ao Dai sekalian fotonya dimana ya? Terus kalo beli baju jadi Ao Dai yang murah dimana? thanks dyani

  7. thy

    sy juga pengen beli ao dai, ada gak ya di Indonesia ? Atau ada gak penjahit yang bisa buat ao dai di Indonesia ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,963 other followers

%d bloggers like this: